RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NamaSekolah :
SMK
NEGERI 1 KARANGANYAR
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Komp.
Keahlian : TKJ, MM, AKUNTANSI
Kelas/Semester :
X/1
TahunPelajaran : 2017/2018
AlokasiWaktu :
20
JP (10 pertemuan@90 menit)
A. Kompetensi
inti dan kompetensi dasar
Kompetensi Inti :
KI.3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematikapada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi
diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat
nasional, regional, dan internasional
|
KI.4
|
Melaksanakan tugas spesifik
dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan
serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian matematika.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan
solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung
|
Kompetensi dasar :
3.1 Menerapkan konsep bilangan
berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan masalah
4.1Menyajikan penyelesaian
masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma
B. Indikator
Pencapaian Kompetensi
3.1.1Mengoperasikanbilangan berpangkat, bentuk
akar,
dan logaritma sesuai dengan sifat-sifatnya
3.1.2Menentukan nilai bilangan berpangkat,bentuk akar, dan logaritma dengan menggunakan
sifat-sifatnya
4.1.1Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar, dan logaritma dalam kehidupan
4.1.2Memecahkan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan operasi pada bilangan berpangkat, bentuk akar, dan logaritma
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah berdiskusi dan
menggali informasi, peserta didik dapat:
-Memahami konsep bilangan
berpangkat, bentuk akar, dan
logaritma dengan cermat
-Mengoperasikan bilangan
berpangkat, bentuk akar, dan logaritma dengan sifat – sifatnya sesuai dengan buku tekssecara teliti
dan mandiri
2. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat:
-Menyederhanakan atau menentukan nilai bilangan berpangkat,
bentuk akar,
dan logaritma dengan
menggunakan sifat-sifatnya secara cermat dan teliti
-Merasionalkan penyebut
pecahan bentuk akarberdasarkan contoh dan secara mandiri
3. Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta
didik dapat:
-Menerapkan
konsep bilangan berpangkat, bentuk akar, dan
logaritma dalam penyelesaian masalah yang ada dibuku teks secara
mandiri dan bertanggung jawab.
4. Setelah berdiskusi dan
menggali informasi, peserta didik dapat:
-Memecahkan masalah kontekstual yang
berkaitan dengan operasi pada bilangan berpangkat, bentuk akar, dan logaritma sesuai dengan contoh secara mandiri dan bertanggung jawab.
D. Materi
Pembelajaran
Pertemuan 1
Pangkat positif
Pangkat nol
Sifat pangkat bulat
positif
Pertemuan 2
Pangkat bulat negatif
Operasi bilangan
berangkat
Pertemuan
3
Bilangan
irrasional
1.
Bentuk akar
Bentukakaradalah
bilangan irasional yang menggunakan tanda akar . Tetapi juga perlu diingat bahwa tidak semua bilangan yang berada
pada tanda akar merupakan bentuk akar.
Bilangan
irasional merupakan bilangan yang mengandung pecahan desimal tak berhingga
dan tak berpola. Contoh bilangan irasional, misalnya
Contohbentukakar:
dan sebagainya
Contoh
bukan bentuk akar: . Karena
2.
Hubungan bentuk akar dan bilangan berpangkat
=
3.
Operasipada bentuk akar
Ø Penjumlahandanpengurangan
Untukpenjumlahandanpenguranganbentukakardigunakanrumus:
Ø Perkaliandan
pembagian
Untukperkaliandan pembagian
bentukakardigunakanrumus:
·
atau
·
·
·
=
·
Pertemuan 4
Menyederhanakan
bentuk akar
Merasionalkan penyebut bentuk akar
Untuk setiap pecahan yang penyebutnya mengandung bilangan irrasional
(bilangan yang tidak dapat di akar), dapat dirasionalkan penyebutnya dengan
kaidah-kaidah sebagai berikut:
a)
b)
c)
Pertemuan 5
Pengertian logaritma
Menentukan nilai logaritma
Pertemuan 6
Sifat logaritma
Pertemuan 7
Operasi aljabar bentuk logaritma
Pertemuan 8
Menyederhanakan bentuk pangkat, akar dan logaritma
Pertemuan 9
UH KD 3.1
Pertemuan 10
Remidi
E. Pendekatan,
Model dan Metode
1.
Pendekatan pembelajaran : PendekatanSaintifik (Scientific)
2.
Model pembelajaran : Discovery Learning
3.
Metode pembelajaran : tanya jawab, diskusi dan
penugasan
F. Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan
Kesatu (2 x 45 menit)
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
1.
Guru memberi
salam dan mengajak peserta didik berdoa.
2.
Guru
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.
Guru meminta peserta didik membersihkan
sampah di ruang kelasnya.
4.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
5.
Guru mendiskusikan kompetensi
yang telah dipelajari terkait dengan bilangan berpangkat
6.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai yaitu bilangan berpangkat.
7.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis peserta
didik diberi pertanyaan terkait materi yang lalu yaitu perkalian bilangan riil.
8.
Guru memotivasi peserta didik
tentang manfaat mempelajari materi bentuk pangkat dalam kehidupan
sehari-hari.
9.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
10.
Guru menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan.
b. Kegiatan
Inti (70 menit)
1.
Pemberian stimulus terhadap peserta didik
· Peserta didik diminta membaca buku dan mengamati sifat-sifat
bilangan berpangkat
· Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh guru
2.
Identifikasi masalah
· Peserta didik diminta mengidentifikasi masalah dan mengajukan pertanyaan
dari hasil membaca buku dan melihat bahan tayang
3.
Mengumpulkan data
· siswa diminta membentuk kelompok
· Peserta didik dipandu untuk diskusisecara berkelompok, memanfaatkan buku teks ataupun browsing
internet guna mengumpulkan informasi mengenai perkalian bilangan riil
4.
Mengolah data
· Berdasar hasil informasi yang diperoleh, Peserta didik dipandu untuk
diskusimenyelesaikan masalah yang berkaitan dengan konsep bilangan berpangkat dan sifat-sifatnya.
5.
Verifikasi data
· Peserta didik berdiskusi untuk mengecek kebenaran penyelesaian
permasalahan yang telah dikerjakan
6.
Menyimpulkan data
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Peserta didik lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi
temannya.
·
Peserta didik yang presentasi beserta kelompok diskusinya menerima
pendapat/masukan dari peserta didik lain maupun guru
·
Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan
· Peserta didik diberi latihan untuk pemantapan materi tersebut dan
disajikan didepan kelas.
c. Penutup
(10 menit)
1.
Secara bersama
– sama guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan materi
hari ini (konsep bilangan
berpangkat dan sifat bilangan berpangkat)
2.
Guru merefleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu menyederhanakan operasi
bilangan berpangkat
2. Pertemuan
Kedua: 2 x 45 menit
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
1.
Guru memberi
salam dan mengajak peserta didik berdoa.
2.
Guru
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.
Guru meminta peserta didik membersihkan
sampah di ruang kelasnya.
4.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
5.
Guru mendiskusikan kompetensi
yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan bilangan berpangkat
6.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai yaitu operasi bilangan berpangkat
7.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis
peserta didik diberi pertanyaan terkait materi yang lalu yaitu konsep dan operasi bentuk akar.
8.
Guru memotivasi peserta didik
tentang manfaat mempelajari materi bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari.
9.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
10.
Guru menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan.
b. Kegiatan
Inti (70 menit)
1.
Pemberian
stimulus terhadap peserta didik
· Peserta didik diminta membaca buku dan mengamati penyederhanaan dan perasionalan penyebut
bentuk akar
· Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh guru
2.
Identifikasi
masalah
· Peserta didik diminta mengidentifikasi masalah dan mengajukan pertanyaan
dari hasil membaca buku dan melihat bahan tayang
3.
Mengumpulkan
data
· Peserta didik dipandu untuk diskusi,
memanfaatkan buku teks ataupun browsing internet guna mengumpulkan
informasi mengenai menyederhanakan dan atau merasionalkan penyebut bentuk akar
4.
Mengolah
data
· Berdasar hasil informasi yang diperoleh, Peserta didik dipandu untuk
diskusimenyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menyederhanaka dan atau merasionalkan penyebut bentuk akar.
5.
Verifikasi
data
· Peserta didik berdiskusi untuk mengecek kebenaran penyelesaian
permasalahan yang telah dikerjakan
6.
Menyimpulkan
data
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Peserta didik lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi
temannya.
·
Peserta didik yang presentasi beserta kelompok diskusinya menerima
pendapat/masukan dari peserta didik lain maupun guru
·
Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan
· Peserta didik diberi latihan untuk pemantapan materi tersebut dan
disajikan didepan kelas.
c. Penutup
(10 menit)
4.
Secara bersama
– sama guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan materi
hari ini (menyederhanakan dan atau merasionalkan penyebut bentuk akar)
5.
Guru
merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
6.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu logaritma
3. Pertemuan 3 (2 x 45 menit)
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
1.
Guru memberi salam
dan mengajak peserta didik berdoa.
2.
Guru
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.
Guru meminta peserta didik membersihkan
sampah di ruang kelasnya.
4.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
5.
Guru mendiskusikan kompetensi
yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan bilangan
berpangkat
6.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai yaitu bentuk akar dan operasi pada bentuk
akar
7.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis
peserta didik diberi pertanyaan terkait materi yang lalu yaitu konsep dan operasi bentuk pangkat.
8.
Guru memotivasi peserta didik
tentang manfaat mempelajari materi bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari.
9.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
10. Guru menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian
yang akan digunakan.
b.
Kegiatan Inti (70 menit)
1.
Pemberian
stimulus terhadap peserta didik
· Peserta didik diminta membaca buku dan mengamati operasi pada bentuk akar
· Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh guru
2.
Identifikasi
masalah
· Peserta didik diminta mengidentifikasi masalah dan mengajukan pertanyaan
dari hasil membaca buku dan melihat bahan tayang
3.
Mengumpulkan
data
· Peserta didik dipandu untuk diskusi,
memanfaatkan buku teks ataupun browsing internet guna mengumpulkan
informasi mengenai operasi bentuk akar
4.
Mengolah
data
· Berdasar hasil informasi yang diperoleh, Peserta didik dipandu untuk
diskusimenyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
bentuk akar.
5.
Verifikasi
data
· Peserta didik berdiskusi untuk mengecek kebenaran penyelesaian
permasalahan yang telah dikerjakan
6.
Menyimpulkan
data
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Peserta didik lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi
temannya.
·
Peserta didik yang presentasi beserta kelompok diskusinya menerima
pendapat/masukan dari peserta didik lain maupun guru
·
Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan
· Peserta didik diberi latihan untuk pemantapan materi tersebut dan
disajikan didepan kelas.
c.
Penutup (10 menit)
1.
Secara bersama
– sama guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan materi
hari ini (operasi
bentuk akar)
2.
Guru
merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu menyederhanakan
bentuk akar
4. Pertemuan 4 (2 x 45 menit)
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
1.
Guru memberi
salam dan mengajak peserta didik berdoa.
2.
Guru
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.
Guru meminta peserta didik membersihkan
sampah di ruang kelasnya.
4.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
5.
Guru mendiskusikan kompetensi
yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan bilangan
irasional
6.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menyederhanakan bentuk akar.
7.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis
peserta didik diberi pertanyaan terkait materi yang lalu yaitu konsep dan operasi bentuk akar.
8.
Guru memotivasi peserta didik
tentang manfaat mempelajari materi bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari.
9.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
10. Guru menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian
yang akan digunakan.
d. Kegiatan
Inti (70 menit)
1.
Pemberian
stimulus terhadap peserta didik
· Peserta didik diminta membaca buku dan mengamati penyederhanaan dan perasionalan penyebut
bentuk akar
· Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh guru
2.
Identifikasi
masalah
· Peserta didik diminta mengidentifikasi masalah dan mengajukan pertanyaan
dari hasil membaca buku dan melihat bahan tayang
3.
Mengumpulkan
data
· Peserta didik dipandu untuk diskusi,
memanfaatkan buku teks ataupun browsing internet guna mengumpulkan
informasi mengenai menyederhanakan dan atau merasionalkan penyebut bentuk akar
4.
Mengolah
data
· Berdasar hasil informasi yang diperoleh, Peserta didik dipandu untuk
diskusimenyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menyederhanaka dan atau merasionalkan penyebut bentuk akar.
5.
Verifikasi
data
· Peserta didik berdiskusi untuk mengecek kebenaran penyelesaian
permasalahan yang telah dikerjakan
6.
Menyimpulkan
data
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Peserta didik lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi
temannya.
·
Peserta didik yang presentasi beserta kelompok diskusinya menerima
pendapat/masukan dari peserta didik lain maupun guru
·
Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan
· Peserta didik diberi latihan untuk pemantapan materi tersebut dan
disajikan didepan kelas.
e. Penutup
(10 menit)
ü
Secara bersama
– sama guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan materi
hari ini (menyederhanakan dan atau merasionalkan penyebut bentuk akar)
ü
Guru
merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
ü
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu logaritma
5. Pertemuan 5 (2 x 45 menit)
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
1.
Guru memberi
salam dan mengajak peserta didik berdoa.
2.
Guru
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.
Guru meminta peserta didik membersihkan
sampah di ruang kelasnya.
4.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
5.
Guru mendiskusikan kompetensi
yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan bilangan
akar
6.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai yaitu pengertian logaritma
7.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis
peserta didik diberi pertanyaan terkait materi yang lalu yaitu pangkat.
8.
Guru memotivasi peserta didik
tentang manfaat mempelajari materi bentuk logaritma dalam kehidupan
sehari-hari.
9.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
10.
Guru menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan.
b. Kegiatan
Inti (70 menit)
1.
Pemberian
stimulus terhadap peserta didik
· Peserta didik diminta membaca buku dan mengamati logaritma dan nilai
logaritma
· Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh guru
2.
Identifikasi
masalah
· Peserta didik diminta mengidentifikasi masalah dan mengajukan pertanyaan
dari hasil membaca buku dan melihat bahan tayang
3.
Mengumpulkan
data
· Peserta didik dipandu untuk diskusi,
memanfaatkan buku teks ataupun browsing internet guna mengumpulkan
informasi mengenai logaritma dan nilai logaritma
4.
Mengolah
data
5.
Berdasar hasil informasi
yang diperoleh, Peserta didik dipandu untuk diskusimenyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan logaritma dan nilai logaritma
6.
Verifikasi
data
· Peserta didik berdiskusi untuk mengecek kebenaran penyelesaian
permasalahan yang telah dikerjakan
7.
Menyimpulkan
data
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Peserta didik lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi
temannya.
·
Peserta didik yang presentasi beserta kelompok diskusinya menerima
pendapat/masukan dari peserta didik lain maupun guru
·
Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan
· Peserta didik diberi latihan untuk pemantapan materi tersebut dan
disajikan didepan kelas.
c. Penutup
(10 menit)
1.
Secara bersama
– sama guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan materi
hari ini logaritma dan nilai logaritma
2.
Guru
merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu operasi pada logaritma
6. Pertemuan 6 (2x45 menit)
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
1.
Guru memberi
salam dan mengajak peserta didik berdoa.
2.
Guru menanyakan
kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.
Guru meminta peserta didik membersihkan
sampah di ruang kelasnya.
4.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
5.
Guru mendiskusikan kompetensi
yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan logaritma
6.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai yaitu sifat-sifat logaritma
7.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis
peserta didik diberi pertanyaan terkait materi yang lalu yaitu pangkat.
8.
Guru memotivasi peserta didik
tentang manfaat mempelajari materi logaritma dalam kehidupan sehari-hari.
9.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
10. Guru menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian
yang akan digunakan.
b.
Kegiatan Inti (70 menit)
1.
Pemberian
stimulus terhadap peserta didik
· Peserta didik diminta membaca buku dan mengamati logaritma dan sifat-sifatnya
· Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh guru
2.
Identifikasi
masalah
· Peserta didik diminta mengidentifikasi masalah dan mengajukan pertanyaan
dari hasil membaca buku dan melihat bahan tayang
3.
Mengumpulkan
data
· Peserta didik dipandu untuk diskusi,
memanfaatkan buku teks ataupun browsing internet guna mengumpulkan
informasi mengenai sifat-sifat logaritma
4.
Mengolah
data
5.
Berdasar hasil informasi
yang diperoleh, Peserta didik dipandu untuk diskusimenyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan sifat-sifat logaritma
6.
Verifikasi
data
· Peserta didik berdiskusi untuk mengecek kebenaran penyelesaian
permasalahan yang telah dikerjakan
7.
Menyimpulkan
data
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Peserta didik lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi
temannya.
·
Peserta didik yang presentasi beserta kelompok diskusinya menerima
pendapat/masukan dari peserta didik lain maupun guru
·
Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan
· Peserta didik diberi latihan untuk pemantapan materi tersebut dan
disajikan didepan kelas.
b) Penutup
(10 menit)
1.
Secara bersama
– sama guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan materi
hari ini sifat-sifat logaritma
2.
Guru
merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu operasi pada logaritma
7. Pertemuan 7 (2 x 45 menit)
a) pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
1.
Guru memberi salam
dan mengajak peserta didik berdoa.
2.
Guru menanyakan
kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.
Guru meminta peserta didik membersihkan sampah di ruang
kelasnya.
4.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan
5.
Guru mendiskusikan kompetensi yang telah
dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan sifat logaritma
6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai yaitu operasi campuran sifat logaritma
7.
Untuk mendorong
rasa ingin tahu dan berfikir kritis peserta didik diberi pertanyaan terkait
materi yang lalu yaitu operasi campuran sifat logaritma
8.
Guru memotivasi peserta didik tentang manfaat
mempelajari materi bentuk akar dalam kehidupan sehari-hari.
9.
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
10.
Guru
menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b) Kegiatan
Inti (70 menit)
1.
Pemberian
stimulus terhadap peserta didik
· Peserta didik diminta membaca buku dan mengamati operasi campuran sifat
logaritma
· Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh guru
2.
Identifikasi
masalah
· Peserta didik diminta mengidentifikasi masalah dan mengajukan pertanyaan
dari hasil membaca buku dan melihat bahan tayang
3.
Mengumpulkan
data
4.
Peserta didik dipandu
untuk diskusi, memanfaatkan buku teks
ataupun browsing internet guna mengumpulkan informasi mengenai operasi campuran
sifat logaritma
5.
Mengolah
data
6.
Berdasar hasil informasi
yang diperoleh, Peserta didik dipandu untuk diskusimenyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan operasi campuran sifat logaritma
7.
Verifikasi
data
· Peserta didik berdiskusi untuk mengecek kebenaran penyelesaian
permasalahan yang telah dikerjakan
8.
Menyimpulkan
data
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Peserta didik lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi
temannya.
·
Peserta didik yang presentasi beserta kelompok diskusinya menerima
pendapat/masukan dari peserta didik lain maupun guru
·
Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan
· Peserta didik diberi latihan untuk pemantapan materi tersebut dan
disajikan didepan kelas.
c)
Penutup (10 menit)
1.
Secara bersama
– sama guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan materi
hari ini (operasi campuran sifat logaritma)
2.
Guru
merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu
menyederhanakan pangkat, akar, logaritma
8. Pertemuan 8 (2 x 45 menit)
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
1.
Guru memberi
salam dan mengajak peserta didik berdoa.
2.
Guru
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.
Guru meminta peserta didik membersihkan
sampah di ruang kelasnya.
4.
Guru mengkondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
5.
Guru mendiskusikan kompetensi
yang telah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya terkait dengan bilangan
irasional
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin
dicapai menyederhanakan pangkat, akar, logaritma
6.
Untuk mendorong rasa ingin tahu dan berfikir kritis
peserta didik diberi pertanyaan terkait materi yang lalu yaitu konsep dan operasi bentuk akar.
5.
Guru memotivasi peserta didik tentang manfaat
mempelajari materi menyederhanakan pangkat, akar, logaritma
7.
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan
dilakukan
8.
Guru menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan.
b.
Kegiatan Inti (70 menit)
1.
Pemberian
stimulus terhadap peserta didik
2.
Peserta didik diminta
membaca buku dan mengamati menyederhanakan pangkat, akar, logaritma
· Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh guru
3.
Identifikasi
masalah
· Peserta didik diminta mengidentifikasi masalah dan mengajukan pertanyaan
dari hasil membaca buku dan melihat bahan tayang
4.
Mengumpulkan
data
· Peserta didik dipandu untuk diskusi,
memanfaatkan buku teks ataupun browsing internet guna mengumpulkan
informasi mengenai menyederhanakan
pangkat, akar, logaritma
5.
Mengolah
data
· Berdasar hasil informasi yang diperoleh, Peserta didik dipandu untuk
diskusimenyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menyederhanaka dan atau merasionalkan penyebut bentuk akar.
6.
Verifikasi
data
· Peserta didik berdiskusi untuk mengecek kebenaran penyelesaian
permasalahan yang telah dikerjakan
7.
Menyimpulkan
data
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Peserta didik lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi
temannya.
·
Peserta didik yang presentasi beserta kelompok diskusinya menerima
pendapat/masukan dari peserta didik lain maupun guru
·
Peserta didik memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan
· Peserta didik diberi latihan untuk pemantapan materi tersebut dan
disajikan didepan kelas.
c.
Penutup (10 menit)
1.
Secara bersama
– sama guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan materi
hari ini (menyederhanakan
pangkat, akar, logaritma)
2.
Guru
merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya UH 1
9. Pertemuan 9 (2 x 45 menit)
a.Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
ü Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa.
ü Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta
didik.
ü Guru
meminta peserta didik membersihkan sampah di ruang kelasnya.
ü Guru
mengkondisikan suasana ulangan harian yang kondusif
ü Guru menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian
yang akan digunakan.
b.Kegiatan Inti (70 menit)
ü UH 1
c. Penutup (10 menit)
ü Guru merefleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan.
ü Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya yaitu menyampaikan hasil ulangan dan perbaikan
10. Pertemuan 10 (2 x 45 menit)
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal (10 menit)
1.
Guru memberi
salam dan mengajak peserta didik berdoa.
2.
Guru
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.
Guru meminta peserta didik membersihkan
sampah di ruang kelasnya.
4.
Guru mengkondisikan suasana kelas
kondusif
5.
Guru menyampaikan hasil UH 1
6.
Guru menyampaikan jika yang nilainya masih di bawah KKM untuk
mengikuti remidi/perbaikan
b. Kegiatan
Inti (70 menit)
1.
Peserta didik yang
nilainya dibawah KKM melaksanakan remidi
2.
peserta didik yang sudah
tuntas diberikan tugas untuk mempelajari materi KD selanjutnya
c. Penutup
(10 menit)
Guru menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu KD 3.2
G. Penilaian
Pembelajaran,
1. Jenis/Teknik
Penilaian
a. Penilaian
Pengetahuan : Tes Pilihan Ganda
dan Penugasan
b. Penilaian
Ketrampilan : Portofolio
2. Bentuk
Instrumen dan Instrumen serta pedoman penskoran
a. Pengetahuan
3. Remidi dan
Pengayaan
Penugasan 1
Indikator
penilaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
|
1. Menyatakan
kalimat berulang dalam bentuk pangkat
|
Penugasan
|
Essay
|
1. Nyatakan
perkalian berikut sebagai bilangan berpangkat :
a. 4
x 4 x 4 x 4 x 4 x 4 x 4
b. 2 x 2 x 2 x …………x 2
10 faktor
c. (5ab)(5ab)(5ab)(5ab)
|
2. Mengubah
bilangan bulat menjadi bentuk pangkat
|
Penugasan
|
Essay
|
2. Tulislah
bilangan berikut sebagai bilangan berpangkat
- 128,
dengan bilangan pokok 2
- 245
dengan bilangan pokok 5
- dengan bilangan pokok ½
|
3. Menyederhanakan
bentuk pangakat
|
Penugasan
Kuis
|
Essay
Essay
|
3. Sederhanakan
!
i.
4a5 x 2a2
ii.
52 x 55 x 5 x 5
iii.
8k5 : 2k2
iv.
6b8 : (5b2 x 2b5)
v.
(m5 : m2 )4
x m7
vi.
8(p5 x q) 4 : (2pq5)
2
vii.
27 a5b6 : ( – 5 ab2)
viii.
(x2 – xy + y2)(x + y)
ix.
1. Sederhanakan!
a. y7 : y2
b. p19 x q2 x q6
|
Kunci
Jawaban Soal Penugasan 1
No
|
Jawaban
|
Skor
nilai
|
1
|
a. 47
b. 210
c. (5ab)
|
1
1
1
|
2
|
a. 27
b. 55
c. ( ½ )5
|
1
1
1
|
5
|
a. 8a8
b. 55
x 54
c. 4k5
d. b5
e. m19a.27
f. 2.p10q–2
g. 9a2
b4
h. x5
+ y5
i.
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
|
Jumlah skor maksimal
|
15
|
Nilai = (Jumlah skor x 20):3
|
|
Kunci
Jawaban Soal Kuis
No
|
Jawaban
|
Skor
nilai
|
1
|
a. y5
b. p19 q8
|
5
5
|
|
Jumlah skor maksimal
|
10
|
Penugasan 2
Indikator
penilaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
|
1. Menyatakan
ke pangkat bulat positif
|
Tes
tertulis
|
Essay
|
1.
Nyatakan bentuk berikut dalam pangkat positif !
a. a–
6 b4 x 2a2b– 2
b.
|
2. Menyatakan
ke pangkat bulat negative
|
Tes
tertulis
|
Essay
|
2.
Nyatakan dengan pangkat negatif
!
a. b
|
3. Mengubah
bentuk akar ke bentuk pangkat
|
Tes
tertulis
|
Essay
|
3.
Ubahlah ke dalam pangkat
rasional !
a.
b.
|
4. Mengubah
bentuk pangkat ke bentuk akar
|
Tes
tertulis
|
Essay
|
4.
Ubahlah ke dalam bentuk akar !
a.
b.
|
5. Menentukan
nilai bentuk pangkat
|
Tes
tertulis
|
Essay
|
5.
Hitunglah hasil dari :
a.
b.
|
Kunci
Jawaban Soal Tes Tertulis
No
|
Jawaban
|
Skor
nilai
|
1
|
a.
b.
|
1
1
|
2
|
a. 5p– 6
b. 5 (a + b)– 5
|
1
1
|
5
|
a.
b.
|
1
1
|
4
|
a.
b.
|
1
1
|
5
|
a. 4
b. 4
|
1
1
|
|
Jumlah
skor maksimal
|
10
|
Penugasan 3
Indikator
penilaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
|
1. Menentukan
nilai x dari suatu persamaan
|
Penugasan
|
Essay
|
Tentukan
nilai x yang memenuhi persamaan berikut :
1. 2
5x – 4 = 52
2. 2
5x = 42x – 1
3. 9 x
– 2 =
4. 5 x
+ 2 = 81
5. = 27
6. =
7. 5x
+ 1 = 1
8. 4 2x
+1 =
9. 272x
+ 6 = 94x – 5
10. 2x
= 525
|
Kunci Jawaban Soal Penugasan
No
|
Jawaban
|
Skornilai
|
1
2
5
4
5
6
7
8
9
10
|
x = 5
x = 2
x = 4½
x = 2½
x = 4½
x = 5/9
x = -1
x = -5/4
x=
-12
x
= 5
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
|
Jumlah
skor maksimal
|
10
|
Penugasan 4
Kisi-kisi soal
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Indikator Soal
|
THB
|
Jenis Soal
|
Soal
|
3.1 Menerapkan konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan
logaritma dalam menyelesaikan masalah
|
3.1.2
Menggunakan konsep bentuk
akar dalam menyelesaiakan masalah
|
1.
Peserta didik dapat menjelaskan hubungan bilangan akar dengan pangkat
2.
Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, dan perkalian
bilangan irrasional (akar)
3.
Peserta didik dapat menyederhanakan bilangan irrasional (akar) dengan
menggunakan sifat-sifat bilangan irrasional
|
Disediakan
bentuk akar Peserta didik dapat mengoperasikanbentuk akar
|
Tertulis
|
Uraian
|
1. Sederhanakan operasi penjumlahan di bawah
ini!
a. 2 + 4
b. 4 - 3
2.
Sederhanakan bentuk perkalian di bawah
ini !
a.
b.
x
c.
2 x 3
d.
3. Sederhanakan bentuk-bentuk akar di bawah
ini !
a.
4. Jika p = -2 + dan q = + tentukan
nilai dari (p – q) 2 !
5. Hitunglah luas persegi panjang deng apanjang dan lebar berturut-turut ( + ) cm dan ( - ) cm !
|
Kunci
Jawaban :
1. a. 6 c. 0 e. - 4
2. a. 3 c. 6 e. 40 - 90
b. 6 d. -1 f.
2 - 3 + - 2
4. 5 – 2
5. 5 cm 3
Kriteria
Penskoran :
No.
Soal
|
Skor
|
1
|
30
|
2
|
30
|
3
|
20
|
4
|
10
|
5
|
10
|
Jadi skor ideal = 100
Pengayaan
KompetensiDasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Indikator Soal
|
Jenis Soal
|
Soal
|
3.1 Menerapkan
konsep bilangan berpangkat, bentuk akar dan logaritma dalam menyelesaikan
masalah
4.1Menyajikan penyelesaian masalah bilangan berpangkat, bentuk akar dan
logaritma
|
Mengoperasikan bilangan
bentuk akar sesuai dengan sifat-sifatnya
Mentukan nilai bilangan
bentuk akar dengan menggunakan
sifat-sifat bentuk akar
1.
Menerapkan
konsep bilangan irasional/bentuk akar dalam kehidupan
2.
memecahkan
masalah kontekstual yang
berkaitan dengan operasi
pada bilangan irasional
|
1. Peserta didik
dapat mencontohkan bilangan irasional
2. Peserta didik
dapat mengoperasikan bilangan bentuk
akar
1. Peserta didik
dapat menyederhanakan bilangan bentuk akar
2. Peserta didik
dapat merasionalkan penyebut bentuk akar
1. Peserta didik
dapat menyelesaikan soal – soal penerapan bilangan irasional
2. Peserta didik
dapat menerapkan konsep bilangan irasional dalam penyelesaian masalah
1. Peserta didik
dapat menyelesaiakan masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan
irasional
2. Peserta didik
dapat memecahkan masalah dengan konsep bilangan irasional
|
Uraian
|
1. Tuliskan 3 contoh
bilangan irasional!
2. Tentukan hasil
dari
3. Tentukan bentuk sederhana dari 2 - 3 + !
4. Tentukan bentuk
sederhana dari !
5. Uraikan dan
tentukan hasil dari penjumlahan bilangan berikut:
6. Seorang ahli
ekonomi menemukan hubungan antara harga (h) dan banyak barang (b) yang
dinyatakan dalam persamaan . Jika nilai b =
8, maka berapa nilai h?
7. Seorang petani
mempunyai kebun yang berbentuk persegi dengan panjang sisi kebun sepanjang m. Tentukan luas kebun petani tersebut!
8. Tentukan nilai
dari
|
Kunci Jawaban Soal:
1.
Contoh
bilangan irasional: , , ...............................................15
2.
= ................................5
= .........................................5
=........................................................5
3.
2 - 3 + = 2 - 3 + ....................15
=
= ....................................15
= ..............................................5
=...................................................................5
4.
=
= ..............................................10
= ......................................................5
=.................................................................5
...............................................................5
..............................................................5
5.
=
=
=
=
=
= 9
6.
=
7.
diketahui
: panjang sisi kebun sepanjang m
Luas
= = 100 x 2 = 200 m2
8.
Missal P=èP2
P2 = 2 + P
P2 – P – 2 = 0
(P – 2)(P+1) = 0
P = 2 atau P =
Jadi diperoleh
|
|
Pengolahan Nilai Pengayaan
|
No Soal
|
Skor Penilaian
|
Nilai
|
|
1
|
15
|
Nilai = jumlah
skor
|
|
2
|
15
|
|
3
|
40
|
|
4
|
30
|
|
|
|
|
Jumlah
|
100
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penugasan 5
LATIHAN SOAL
Beri tanda silang (X) pada huruf a,b,c,d atau e
didepan jawaban yang paling tepat!
1. Bentuk
logaritma dari 73= 243 adalah...
a. 3log
7 = 243
b. 7log
3 = 243
c. 3log
243 = 7
d. 7log
243 = 3
e. 243log
3 = 7
2. Bentuk
logaritma dari 4-2= adalah...
a. 4log = -2
b. -2log
= 4
c. 4log
-2 =
d. -2log
4 =
e. 2
log 4 =
3. Hitung
5log 125 adalah...
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
e. 6
4. Hasil
dari 9log 59049 adaah...
a. 6
b. 5
c. 4
d. 3
e. 2
5. Jika
2log3 = a dan 3log7 = b, nyatakan 8log 49
dalam bentuk a dan b...
a. ab
b. ab
c. ab
d. ab
e. ab
6. Jika
log p = a ,log q = b ,dan log r = c ,nyatakan dalam bentuk a,b dan c...
a. a + b - 3c
b. -
a - b + 3c
c. a - b - 3 c
d. a - 3b - c
e. 3a
+ b - c
7. Jika
125 adalah...
a.
b.
c.
d.
e.
8. Jika
7log 2 = a dan 2log 3 = 6 ,maka 6log 98
adalah...
a.
b.
c.
d.
e.
9. Jika
a > 0 dan a ≠ 1 memenuhi = , maka 2log
b adalah...
a.
b.
c.
d.
e.
10. Jika
4log 6 = m+1 ,maka 9log 8 adalah...
a.
b.
c.
d.
e.
11. alog
= xlog = ylog ,maka 2x – 3y adalah...
a. -162
b. -81
c. 0
d. 81
e. 162
12. Nilai
x yang memenuhi pertidaksamaan > -1 adalah...
a. -2
< x < 0 atau 1 < x < 3
b. -2
< x < 3
c. x
> -2
d. x
< 0 atau x > 1
e. 0
< x < 3
13. Diketahui
2(4log x)2 – 2 4log = 1 jika akar-akar persamaan x1 dan
x2 maka x1 + x2 adalah...
a. 5
b.
c.
d.
e. 2
14. Hasil
dari adalah...
a. 1
+
b. +
c. +
d.
e.
15. Jika
2log x + 4log = 4log z2, maka z2
adalah...
a.
b. x2
c. xy
d.
e. y2
16. Jika
8log 5 = r ,maka 5log 16 =....r
a. r
b. r
c. r
d.
e.
17. Jika
2log = dan 16log b = 5 ,maka alog adalah...
a. 40
b. -40
c.
d. -
e. 20
18. Nilai
x yang memenuhi (blog x)2 + 10 < 7. blog
x dengan b > 1 adalah...
a. 2
< x< 5
b. x
< 2 atau x > 5
c. b2<
x < b5
d. x
< b2 atau x > b5
e. 2b
< x < 5b
19. Akar
persamaan 2log(x2-4x+5) = 3 adalah x1 dan x2
,nilai x12 + x22 adalah...
a. 3
b. 8
c. 10
d. 16
e. 22
20. Jika
= 4, maka p2q...
a.
b.
c.
d.
e. 4
JAWABAN
Pilihan ganda :
1. C
2. A
3. B
4. B
5. B
6. C
7. C
8. C
9. C
10. B
11. B
12. A
13. B
14. E
15. B
16. E
17. A
18. C
19. E
20. B
H. Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media : Power Point
2.
Alat : Laptop, White Board,
Spidol
3.
Bahan : Lembar kerja dan atau
lembar diskusi
4.
Sumber Belajar
: Modul Bilangan irasional/ bentuk akar, buku teks dan internet
Purbalingga, Juli 2016
Mengetahui,
Kepala
SMK Negeri 1 Karanganyar
Drs.
Sahir
NIP.
19660701 200012 1 002
|
Guru
Mata Pelajaran
Hendi Mustofa, S.Pd
|
|
0 komentar:
Posting Komentar