(RPP)
NamaSekolah : SMK
NEGERI 1KARANGANYAR
Mata Pelajaran :
MATEMATIKA
Komp.
Keahlian : TKJ, MM, AK
Kelas/Semester :
X/1
TahunPelajaran : 2017/2018
AlokasiWaktu :
12 JP (6 pertemuan@90 menit)
A.
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti :
KI.3
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual,
operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kajian matematikapada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional
|
KI.4
|
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan
alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai dengan bidang kajian matematika. Menampilkan kinerja di bawah
bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung. Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak
mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung
|
Kompetensi Dasar :
3.2 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
bentuk linear satu variable
4.2 Menerapkan konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linier
dalam memecahkan masalah nyata.
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.2 Menerapkan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variable
4.2.2 Menyelesaikan
masalah
yang berkaitan dengan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
diskusi, Peserta didik mampu menjelaskankonsep pertidaksamaan nilai mutlak
bentuk linear satu variable secara tepat dan terampil
2.
Melalui
diskusi, Peserta didik mampu menerapkan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk
linear satu variable secara tepat dan terampil
3.
Melalui diskusi, Peserta didik mampu menyelesaikanmasalah yang
berkaitan dengan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel dengan tepat
dan terampil
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
Ø Konsep nilai
mutlak
Ø Persamaan linear
satu variabel
Ø Persamaan
nilai mutlak linear satu variabel
Pertemuan
2
Ø Pertidaksamaan satu variabel
Devinisi Persamaan
linier satu variabel ax + b (>,<,≥,≤) 0 dengan a,bR
dan a ≠0
Ø Pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel
Pertemuan 3
·
Pertidaksamaan
linier dua variable
Persamaan linier dua
variable didefiniskan ax + by + c (>,<,≥,≤) 0 dengana,b, c R dan a,b ≠ 0
·
Pertidaksamaanlinier
nilaimutlak
Pertidaksamaan linier
nilaimutlakadalahpertidaksamaan yang variabelnyaada di dalamtandamutlak.
Bentukpertidaksamaanmutlakantaralain
:
1) | ax +b |<|
cx +d |
2) | ax +b |>|
cx +d |
3) | ax +b | ≤ |
cx +d |
4) | ax +b | ≥ |
cx +d |
Dengana,b,c
real dan a ≠ 0
Pertemuan 4
·
Sifat
– sifatPertidaksamaannilaimutlak
1) | f(x) |c → - c f (x) c
2) | f(x) |c → - c f (x) atau f(x) - c
3) | f(x) |c → f (x) atau
f(x) - c
4) | f(x) ||
g(x) |
→ ( f(x))2(
g(x))2
5) | f(x) ||
g(x) |
→ ( f(x))2(
g(x))2
Pertemuan 5
UH
2
Pertemuan 6
Pengayaan
dan perbaikan
E.
Pendekatan, Strategi, dan Metode
1.
Pendekatan berfikir :
Sientific
2.
Model Pembelajaran : Discovery learning
3.
Metode Pembelajaran : Diskusi, tanya jawab, dan penugasan
F.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
1 (2 x 45 menit)
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
1.
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa.
2.
Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.
Guru meminta peserta
didik membersihkan sampah di ruang kelasnya.
4.
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan
5.
Guru mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari terkait dengan persamaan
6.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu konsep nilai mutlak,
persamaan linear satu variabel, persamaan nilai mutlak satu variabel
7.
Untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berfikir kritis peserta didik diberi pertanyaan terkait materi
yang lalu yaitu persamaan linear.
8.
Guru memotivasi
peserta didik tentang manfaat mempelajari materi bentuk pangkat dalam kehidupan
sehari-hari.
9.
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
10.
Guru menyampaikan
ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Pemberian stimulus terhadap peserta didik
· Peserta didik diminta membaca buku dan mengamati konsep nilai mutlak persamaan linear satu variabel
· Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh guru
2.
Identifikasi masalah
· Peserta didik diminta mengidentifikasi masalah dan mengajukan pertanyaan
dari hasil membaca buku dan melihat bahan tayang
3.
Mengumpulkan data
· peserta didik diminta membentuk kelompok
· Peserta didik dipandu untuk diskusi secara berkelompok, memanfaatkan buku teks ataupun browsing
internet guna mengumpulkan informasi mengenai nilai
mutlak persamaan linear satu variabel
4.
Mengolah data
· Berdasar hasil informasi yang diperoleh, Peserta didik dipandu untuk
diskusi menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan konsep nilai mutlak persamaan linear satu variabel
5.
Verifikasi data
· Peserta didik berdiskusi untuk mengecek kebenaran penyelesaian permasalahan
yang telah dikerjakan
6.
Menyimpulkan data
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Peserta didik
lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi temannya.
·
Peserta didik
yang presentasi beserta kelompok diskusinya menerima pendapat/masukan dari
peserta didik lain maupun guru
·
Peserta didik
memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan
· Peserta didik diberi latihan untuk pemantapan materi tersebut dan disajikan
didepan kelas.
c. Penutup (10 menit)
1.
Secara bersama –
sama guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan materi hari
ini (nilai mutlak persamaan linear satu variabel)
2.
Guru merefleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu nilai mutlak
pertidaksamaan linear satu variabel.
2.
Pertemuan 2 (2x45menit)
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa.
·
Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
·
Guru meminta peserta
didik membersihkan sampah di ruang kelasnya.
·
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan
·
Guru mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari terkait dengan persamaan nilai
mutlak satu variabel
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu pertidaksamaan nilai
mutlak satu variabel
·
Untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berfikir kritis peserta didik diberi pertanyaan terkait materi
yang lalu yaitu pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel.
·
Guru memotivasi
peserta didik tentang manfaat mempelajari materi bentuk pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel.
·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
·
Guru menyampaikan
ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Pemberian stimulus terhadap peserta didik
· Peserta didik diminta membaca buku dan mengamati konsep nilai mutlak pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel
· Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh guru
2.
Identifikasi masalah
· Peserta didik diminta mengidentifikasi masalah dan mengajukan pertanyaan
dari hasil membaca buku dan melihat bahan tayang
3.
Mengumpulkan data
· peserta didik diminta membentuk kelompok
· Peserta didik dipandu untuk diskusi secara berkelompok, memanfaatkan buku teks ataupun browsing
internet guna mengumpulkan informasi mengenai nilai
mutlak pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel
4.
Mengolah data
· Berdasar hasil informasi yang diperoleh, Peserta didik dipandu untuk
diskusi menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan konsep pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel
5.
Verifikasi data
· Peserta didik berdiskusi untuk mengecek kebenaran penyelesaian permasalahan
yang telah dikerjakan
6.
Menyimpulkan data
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Peserta didik
lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi temannya.
·
Peserta didik
yang presentasi beserta kelompok diskusinya menerima pendapat/masukan dari
peserta didik lain maupun guru
·
Peserta didik
memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan
· Peserta didik diberi latihan untuk pemantapan materi tersebut dan disajikan
didepan kelas.
c. Penutup (10 menit)
1.
Secara bersama –
sama guru membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan materi hari
ini (pertidaksamaan nilai mutlak satu variabel)
2.
Guru merefleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu nilai mutlak persamaan
linear 2 variabel.
3.
Pertemuan 3 (2x45menit)
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa.
·
Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
·
Guru meminta peserta
didik membersihkan sampah di ruang kelasnya.
·
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan
·
Guru mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari terkait dengan persamaan nilai
mutlak satu variabel
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu persamaan nilai
mutlak dua variabel
·
Untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berfikir kritis peserta didik diberi pertanyaan terkait materi
yang lalu yaitu persamaan nilai mutlak dua variabel
·
Guru memotivasi
peserta didik tentang manfaat mempelajari materi bentuk persamaan nilai mutlak dua variabel
·
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
·
Guru menyampaikan
ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
b. Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Pemberian stimulus terhadap peserta didik
·
Peserta didik diminta membaca buku dan mengamati konsep persamaan nilai
mutlak dua variabel
· Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh guru
2.
Identifikasi masalah
· Peserta didik diminta mengidentifikasi masalah dan mengajukan pertanyaan
dari hasil membaca buku dan melihat bahan tayang
3.
Mengumpulkan data
peserta didik diminta membentuk kelompok
Peserta didik dipandu untuk diskusi secara berkelompok, memanfaatkan buku teks ataupun browsing
internet guna mengumpulkan informasi mengenai persamaan nilai mutlak dua
variabel
4.
Mengolah data
Berdasar hasil informasi yang diperoleh, Peserta didik dipandu untuk
diskusi menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan konsep persamaan nilai mutlak dua variabel
5.
Verifikasi
data
· Peserta didik berdiskusi untuk mengecek kebenaran penyelesaian permasalahan
yang telah dikerjakan
6.
Menyimpulkan
data
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Peserta didik
lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi temannya.
·
Peserta didik
yang presentasi beserta kelompok diskusinya menerima pendapat/masukan dari
peserta didik lain maupun guru
·
Peserta didik
memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan
· Peserta didik diberi latihan untuk pemantapan materi tersebut dan disajikan
didepan kelas.
c. Penutup (10 menit)
1.
Secara bersama – sama guru membimbing peserta didik untuk membuat
rangkuman/simpulan materi hari ini (persamaan nilai
mutlak dua variabel)
2.
Guru merefleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu sifat pertidaksamaan
nilai mutlak.
4.
Pertemuan 4 (2x45menit)
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
1.
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa.
2.
Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
3.
Guru meminta peserta
didik membersihkan sampah di ruang kelasnya.
4.
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang menyenangkan
5.
Guru mendiskusikan
kompetensi yang telah dipelajari terkait dengan pertidaksamaan nilai
mutlak satu variabel
6.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu sifat pertidaksamaan
nilai mutlak dua variabel
7.
Untuk mendorong rasa
ingin tahu dan berfikir kritis peserta didik diberi pertanyaan terkait materi
yang lalu yaitu persamaan nilai mutlak dua variabel
8.
Guru memotivasi
peserta didik tentang manfaat mempelajari sifat pertidaksamaan
nilai mutlak dua variabel
9.
Guru menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
10. Guru menyampaikan ruang lingkup dan teknik penilaian yang akan
digunakan.
b. Kegiatan Inti (70
menit)
1.
Pemberian stimulus terhadap peserta didik
·
Peserta didik diminta membaca buku dan mengamati konsep sifat pertidaksamaan
nilai mutlak dua variabel
· Peserta didik melihat bahan tayang yang disajikan oleh guru
2.
Identifikasi masalah
· Peserta didik diminta mengidentifikasi masalah dan mengajukan pertanyaan
dari hasil membaca buku dan melihat bahan tayang
3.
Mengumpulkan data
· peserta didik diminta membentuk kelompok
·
Peserta didik dipandu untuk diskusi secara berkelompok, memanfaatkan buku teks ataupun browsing
internet guna mengumpulkan informasi mengenai sifat pertidaksamaan
nilai mutlak dua variabel
4.
Mengolah data
·
Berdasar hasil informasi yang diperoleh, Peserta didik dipandu untuk
diskusi menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan konsep sifat pertidaksamaan nilai mutlak dua variabel
5.
Verifikasi data
· Peserta didik berdiskusi untuk mengecek kebenaran penyelesaian permasalahan
yang telah dikerjakan
6.
Menyimpulkan data
·
Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas
·
Peserta didik
lain diminta untuk memberikan tanggapan terhadap presentasi temannya.
·
Peserta didik
yang presentasi beserta kelompok diskusinya menerima pendapat/masukan dari
peserta didik lain maupun guru
·
Peserta didik
memperbaiki hasil presentasi dan membuat kesimpulan
· Peserta didik diberi latihan untuk pemantapan materi tersebut dan disajikan
didepan kelas.
c. Penutup (10 menit)
1. Secara bersama – sama guru membimbing
peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan materi hari ini (sifat pertidaksamaan nilai mutlak dua variabel)
2.
Guru merefleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3. Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu UH 2
5.
Pertemuan 5 (2x45menit)
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa.
·
Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
·
Guru meminta peserta
didik membersihkan sampah di ruang kelasnya.
·
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang kondusif
·
Guru mempersiapkan
siswa untuk UH 1
b. Kegiatan Inti (70
menit)
· UH 2
c. Penutup (10 menit)
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu pemberitahuan hasil
UH 2, pengayaan dan remidian
6.
Pertemuan 6 (2x45menit)
a. Pendahuluan/Kegiatan
Awal (10 menit)
·
Guru memberi salam dan mengajak peserta didik berdoa.
·
Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik.
·
Guru meminta peserta
didik membersihkan sampah di ruang kelasnya.
·
Guru mengkondisikan
suasana belajar yang kondusif
·
Guru mempersiapkan
siswa untuk pengayaan dan remidian
b. Kegiatan Inti (70
menit)
· guru menyampaikan
hasil UH 2
· siswa pengayaan dan
remidian
c. Penutup (10 menit)
· Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya yaitu KD 3.3
G.
Alat/Bahan dan Media Pembelajaran
LCD, White board,
spidol, Penggaris, lembar kerja (Peserta Didik)
H.
Media Pembelajaran :
Powerpoint
I.
Sumberbelajar
:
·
Sinaga,
Bornok.(2013). Buku Peserta
Didik Matematika SMA Kelas X.Jakarta,Kementrian Pendidikan Nasional.
·
Sumber lain : Internet
http://agninasahila21.blogspot.co.id
J.
Penilaian Pembelajaran
1.
Teknik Penilaian: Soal Pilihan Ganda
2.
Prosedur Penilaian:
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Pengetahuan
a. Menjelaskan kembali pengertian
nilaimutlak.
b. Menerapkankonsepnilaimutlakdalampersamaandanpertidaksamaan.
|
Pengamatandantes
|
Penyelesaian
tugas individu dan kelompok
|
2.
|
Keterampilan
a. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan nilai mutlak
|
Pengamatan
|
Penyelesaiantugas
(baikindividumaupunkelompok) dansaatdiskusi
|
K.
Instrumen/butir Soal Pengetahuan
Kisi-Kisi
Soal
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi
|
Indikator Soal
|
Bentuk Soal
|
No Soal
|
3.2 Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak
bentuk linear satu variabel
|
Menerapkan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu
variabel
|
pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabe
|
Disajikan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu
variable, peserta didik mampu menentukan himpunyan penyelesaiannya
|
Pilihan Ganda
|
1
|
No
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Tentukan Himpunan Penyelesaian dari …
a.
b.
c.
d.
e.
|
A
|
2,5
|
2
|
Pada mobil-mobil baru, angka kilometer perliternya
tergantung pada bagaimana mobil itu digunakan untuk perjalanan jarak jauh
ataukah hanya untuk perjalanan jarak dekat (dalam kota). Untuk suatu merk
mobil tertentu, angka kilometer perliternya berkisar diangka 2,8 kurang atau
lebihnya dari 12 km/L. Berapakah jangkauan dari angka km/L dari mobil
tersebut?
a.
b.
c.
d.
e.
|
E
|
2,5
|
Pedoman
Penskoran =
PENUGASAN
2
PENUGASAN 3
PENUGASAN 4
Purbalingga, Juli 2016
Mengetahui,
Kepala
SMK Negeri 1 Rembang
Drs. Sahir
NIP.
19660701 200012 1 002
|
Guru
Mata Pelajaran
Hendi Mustofa,
S.Pd
|
LEMBAR
PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN
Mata Pelajaran
: Matematika
Kelas/Semester
: X /1
Tahun
Pelajaran : 2017/2018
Waktu
Pengamatan :
Indikator terampilmenerapkankonsep/prinsipdanstrategipemecahanmasalah
yang relevan yang berkaitandenganpersamaandanpertidaksamaannilaimutlak.
1.
Kurangterampiljika
sama sekali tidak dapatmenerapkankonsep/prinsipanstrategipemecahanmasalah
yang relevan yang berkaitandenganeksponen.
2. Terampiljika menunjukkan sudah ada
usaha untuk menerapkankonsep/prinsipdanstrategipemecahanmasalah
yang relevan yang berkaitandenganeksponentetapibelumtepat.
3. Sangat terampill,jika
menunjukkan adanya usaha untuk menerapkankonsep/prinsipdanstrategipemecahanmasalah
yang relevan yang berkaitandenganeksponendansudahtepat.
Bubuhkan tanda
√pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
No
|
NamaPeserta
Didik
|
Keterampilan
|
||
Menerapkankonsep/prinsipdanstrategipemecahanmasalah
|
||||
KT
|
T
|
ST
|
||
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
Keterangan:
KT :
Kurangterampil
T :
Terampil
ST :
Sangatterampil
0 komentar:
Posting Komentar